Cara Mendapatkan Prefix IPv6 /48 Gratis dari Tunnelbroker Hurricane Electric


Saat ini di Indonesia masih jarang sekali ditemukan jaringan IPv6. Implementasi IPv6 hanya pada jaringan berskala besar seperti Data Center, Internet Service Provider dan Perusahaan, itupun baru sebagian yang mengimplementasikan IPv6.

Sebenarnya IPv6 dibuat dengan fitur-fitur yang memudahkan implementasi, seperti pengalamatan otomatis tanpa memerlukan server (metode SLAAC - Stateless Address Autoconfiguration).

Tetapi yang membuat IPv6 masih jarang diterapkan di jaringan menengah ke bawah karena end user (pengguna) masih belum siap untuk mengamankan perangkatnya dari jaringan luar. Meskipun ini sebenarnya bisa diatasi dengan firewall di sisi router, sehingga pengguna tidak perlu khawatir perangkatnya diserang melalui internet.

Masalah lain, IPv6 membutuhkan sumber daya yang memadai baik dari sisi perangkat dan sumber daya manusia.

Dilansir dari https://idnic.net/membership/price-list pada 4 Februari 2021, IPv6 juga membutuhkan biaya tahunan.

Bagi kamu yang mau belajar mengimplementasikan IPv6 hinga terhubung ke jaringan publik (internet), saya sarankan menggunakan tunnelbroker.com dari Hurricane Electric (HE). Nanti, kamu bisa mendapatkan IPv6 prefix-length /48 secara gratis.

Akan tetapi untuk menggunakan fitur tunneling dari Hurricane Electric ini, kita memerlukan IP publik (bukan hasil source NAT).

Jika kamu sudah punya IP publik yang mengarah ke router/server kamu yang akan digunakan untuk tunneling, kamu bisa mendapatkan prefix /48 dari Hurricane Electric, berikut caranya:

1. Buka https://www.tunnelbroker.net.
Login atau buat akun terlebih dahulu. Setelah login, klik "Create Regular Tunnel".

2. Isi form pembuatan tunnel.
Isi IPv4 Endpoint dengan IPv4 public router gateway anda.
Kemudian pilih lokasi tunnel server, saya sarankan pilih lokasi tunnel server terdekat dengan lokasimu, contoh yang terdekat dari Indonesia adalah Singapura.
Kemudian, klik "Create Tunnel".

3. Request prefix /48.
Setelah selesai, kamu akan dialihkan ke halaman detail informasi tunnel. Untuk mendapatkan prefix IPv6, kita perlu melakukan request dengan cara klik "Assign /48".

4. Kamu mendapat prefix /48
Berikutnya, kamu akan mendapat prefix dengan prefix-length /48 yang routeable dari internet.

5. Implementasi IPv6 tunneling over IPv4
Klik "Example Configurations", kemudian pilih jenis perangkat yang kamu gunakan.


Di situ nanti akan muncul cara konfigurasinya, seperti ini contohnya:

Baca juga:

Sekian, tags: cara medapatkan ipv6 gratis, prefix ipv6 gratis, cara konfigurasi tunnelbroker, cara menggunakan ipv6, mendistribusikan ipv6, ipv6 prefix /48 gratis, konfigurasi tunneling 6to4 he, cara mendapatkan ipv6 gratis tanpa ipv4 publik, prefix ipv6 /48 gratis.

Disqus Comments