Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penggunaan Wildcard Operations di Junos CLI

Ada kalanya kita ingin mengkonfigurasi beberapa interface sekaligus. Di cisco, kita biasanya menggunakan perintah "interface range". Namun, di juniper hanya ada interface-range yang fungsinya untuk mengelompokan interface. Meskipun interface-range juga bisa jadi solusi ketika kita ingin mengkonfigurasi beberapa interface sekaligus.

Akan tetapi, menurut saya perintah wildcard operations lah yang paling cocok untuk melakukan task tersebut. Dengan wildcard operations, kita bisa mengkonfigurasi perangkat junos dengan command seperti biasa, tetapi kita bisa menyisipkan wildcard di dalam konfigurasi kita.

Saat ini yang saya tahu hanya wildcard range dan wildcard asterisk (*).

Contoh saya akan mengatur ingin mengatur deskripsi interface xe-0/0/3 hingga xe-0/0/4 menjadi "to PC Marketing", maka wildcard operation-nya menggunakan perintah "wildcard range" seperti berikut:

[edit]
root@Switch# wildcard range set interfaces xe-0/0/[3-4] description "to PC Marketing"

Sekarang kalau kita bisa melihat deskripsi yang sama pada interface xe-0/0/3 dan xe-0/0/4.

[edit]
root@Switch# show interface
...
xe-0/0/3 {
    description "to PC Marketing";
}
xe-0/0/4 {
    description "to PC Marketing";
}
...

Contoh berikutnya, saya ingin mengahapus semua konfigurasi pada semua interface xe. Maka saya menggunkan wildcard asterisk. Namun, perlu dicatat, asterisk hanya bisa dilakukan di perintah "wildcard delete".

[edit]
root@Switch#  wildcard delete interfaces xe-*
  matched: xe-0/0/0
  matched: xe-0/0/1
  matched: xe-0/0/2
  matched: xe-0/0/3
  matched: xe-0/0/4
Delete 5 objects? [yes,no] (no) yes
maka semua konfigurasi di interface yang berwalan "xe-" dihapus.

Tags: cara mengahapus beberapa interface sekaligus juniper, cara mengahapus beberapa interface sekaligus junos, cara mengkonfigurasi beberapa interface sekaligus juniper, cara mengkonfigurasi beberapa interface sekaligus junos, cara mengkonfigurasi beberapa interface range juniper, cara mengkonfigurasi beberapa interface range junos, wildcard operation juniper, wildcard operation junos, junos interface range, juniper interface range, bulk config juniper, cara menggunakan wildcard operation junos, cara menggunakan wildcard operation juniper, menghapus konfigurasi dengan pattern tertentu juniper, menghapus konfigurasi dengan pattern tertentu junos.